Oleh: I Putu Gede Andy Pandy | Maret 24, 2009

Land Rover Defender SVX Edisi 60 Tahun

Untuk memperingati 60 thun lahirnya Defender, Land ROver meluncurkan edisi khusus yang berkode SXV. Mobil ini tersedia dalam dua varian, yaitu : station wagon dan soft top atau atap terbuka, yang hanya diproduksi terbatas sebanyak 300 unit. SVX merupakan Defender pertama yang dilengkapi berbagai peranti elektronik canggih.

Dari dua varian itu, versi atap terbuka diprediksikan menjadi incaran para penggemar Land Rover. Ini karena untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir diproduksi varian Land Rover Defender Soft Top. Di Inggris harga jualnya ditawarkan pada kisaran Rp. 553.48 juta per unit. Defender SVX menggunakan sasis yang sama dengan Defender versi standar. Hanya bedanya pada aksesori yang melekeat di kabin dan bodi, seperti pemasangan jok buataun Recaro, ban berukuran besar, gril warna perak dan lingkar lampu utama lebih besar. Di dalam kabin desain jok baru dibuat lebih nyaman dan mewah sehingga memberikan posisi duduk yang ideal bagi penumpang dan pengemudi. Bahkan, sesuai dengan perkembangan teknologi elektronik, kabin dilengkapi dengan konektivitas iPod, navigasi satelit, dan perangkat sound system modern.

Tenaga penggeraknya adalah mesin Ford tubodiesel 2.4 liter terbaru yang telah dibekali teknologi direct-inection sehingga mampu mengeluarkan teanga besar, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Sebagai perbandingan model Defender standar menggunakan mesin deisel Transit 2.4 liter yang berteknologi kuno. Seperti umumnya model Defender, performa off road mobil sangat baik karena ketinggian bodi dari tanah yang mencukupi dan jarak sumbu yang dirancang sesuai medan tanah.

Agar lebih nyaman dalam mengendalikan mobil ini, para insinyur Land Rover menambahkan peranti elektronik differential yang membuat pembagian tenaga bisa diatur sesuai kondisi medan dan kebutuhan. Tidak hanya itu, SVX dilengkapi juga dengan kontrol traksi elektronik ynutk mencegah mobil slip. SVX memiliki semua keinginan yang selama ini dicari para penggemar Land Rover. Sama seperti Defender khusus edisi ulang tahun ke-50, SVX akan menjadi barang kolektor.

Kini Defender edisi 50 tahun yang berwarna hijau dan putih memiliki harga yang sangat tinggi. Land Rover Defender pertama kali diperkenakan pada Amsterdam Motor Show pada tahun 1948. Kini Land Rover dimiliki raksasa otomotif India yang dibelinya dari Ford pada awal tahun 2008.

Source : Harian Pikiran Rakyat


Responses

  1. Pak..ajak-ajak melali…hehehe

    jalan2 dong pak ke Blog iseng saia…..
    thebelogers.wordpress.com

    • Blog-nya bagus….keren….mata ngantuk jadi melek lagi lihat banner atasnya..hehehe

  2. Pak Andy barter link yukk….
    nurvata.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: