Oleh: I Putu Gede Andy Pandy | Januari 22, 2009

Berita Landrover

ZF Gearbox Senjata Masa Depan Jaguar – Land Rover

Di bawah kendali pemilik baru, Tata Motors, Jaguar dan Land Rover menjalankan perubahan dan melakukan serangkaian inovasi baru. Dua pabrikan mobil terkemuka asal Inggris ini berkeputusan ikut ramaikan bursa kendaraan ramah lingkungan.

Jaguar dan Land Rover tengah merancang kendaraan dengan dapur pacu berteknologi hybrid. Nantinya, seluruh kendaraan keluaran dua pabrikan ini akan mempergunakan mesin yang berbasis campuran mesin bakar dan motor listrik.

Dijadwalkan, mobil produksi Jaguar dan Land Rover pada lima tahun mendatang seluruhnya telah bermesin hybrid.

Para petinggi Tata Motors juga menjelaskan mesin hybrid produksinya menerapkan sistem yang terintegrasi satu sama lain dengan modul yang sangat kompleks.

Langkah pertama, merancang dan membangun sistem pengendalian penyalaan dan penghentian mesin yang akan menjadi bagian dari mesin mobil generasi mendatang. Untuk mesin konvensional, Jaguar dan Land Rover tetap mempertahankan mesin andalannya, 2.7 dan 3.0 liter turbo diesel.

Langkah kedua, mengembangkan sistem kopling dan gearbox yang lebih canggih. Bernama 8-speed ZF gearbox dengan delapan tingkat kecepatan. Kopling dan gerbox ini berbeda dengan kopling dan gearbox otomatis 6 tingkat kecepatan yang kini banyak dipakai pada mobil hybrid secara umum. Tata Motors mengklaim, kopling 8 speed ZF gearbox lebih kompleks dan canggih.

Para insinyur Jaguar juga merancang ZF’s Dynastart yang akan
menggantikan fungsi motor listrik yang selama ini menjadi partner
mesin konvensional dalam unit hybrid engine. ZF’ Dynastart dirancang mampu mengubah mesin dari kondisi kovensional langsung pada
posisi full electric tanpa melalui konverter, seperti sekarang ini.

Land Rover lebih condong membuat mesin hybrid yang lebih sederhana. Dengan menggabungkan mesin diesel dengan motor yang memiliki kapasitor dan catu daya berkemampuan pengisian dan pelepasan muatan listrik secara cepat. Saya Land Rover tidak menyebutkan seberapa cepat proses pengisian baterai itu. (automotive/rsd)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: